mobile game, game

5 Cara Jitu Mengurangi Lag Jaringan Main Game Mobile

By Pandu Rijal Pasa / 15 February 2018

Main game daring secara mobile memang bikin hati bahagia, asalkan koneksi jaringan hape lo enggak bermasalah. Tanpa lag jaringan, lo bisa mainin game itu kapan aja dan di mana aja. Beda kayak game PC yang terbatas dan enggak bisa lo bawa selain di satu tempat doang. Selain itu, game yang tersedia pun sangat beragam sehingga bakal bikin lo betah berjam-jam di depan layar hape lo.

Sayangnya, fleksibilitas lokasi menjadi kekurangan utama karena smartphone ngandalin koneksi internetnya lewat jaringan seluler. Mau bagaimanapun juga, kualitas jaringan seluler enggak bisa stabil kayak kualitas koneksi dari internet kabel. Makanya, perlu cara-cara khusus buat ngakalin hal ini kalau lo memang enggak mau repot atau ribet berpindah tempat cuma karena mau cari sinyal.

Buat lo yang ngerasa hal ini jadi masalah banget, ada beberapa cara yang bisa dicoba agar pengalaman main game mobile enggak lagi terganggu sama masalah lag jaringan.

ADVERTISING
ADVERTISING

1. Gunain Koneksi Wi-Fi, bukan Hotspot

Via Istimewa

Tanda 4G di indikator jaringan bukan jaminan bahwa koneksi lo akan lancar jaya. Apalagi jika memang sinyal internet dari provider tersebut dikenal lambat. Makanya, penggunaan jaringan Wi-Fi sangat disarankan demi kestabilan pertukaran data. Namun, tentu aja Wi-Fi yang dimaksud di sini adalah Wi-Fi betulan, bukan yang berasal dari mobile hotspot. Soalnya, sinyal yang dihasilkan dari mobile hstpspot itu sama aja dengan pakai jaringan seluler biasa.

2. Dekati Router Wi-Fi

Via Istimewa

Kalau lo pakai udah pakai Wi-Fi betulan, mendekati router adalah salah satu saran yang harus lo pertimbangin baik-baik. Semakin dekat posisi lo dengan router atau alat pemancar Wi-Fi, kualitas jaringan yang bakal lo dapat juga akan semakin bagus. Cara paling gampang buat mastiin ini adalah dengan ngecek ikon sinyal Wi-Fi yang ada di smartphone lo. Kalau udah penuh, berarti lo udah berada di posisi yang paling oke. Sebaliknya, hindari tembok atau objek-objek yang bisa ngehalangin sinyal router dari posisi lo main game.

3. Tutup Semua Aplikasi Lain

Via Istimewa

Biasanya, game mobile akan menggunakan banyak sumber daya yang dimiliki oleh perangkat tersebut. Entah itu CPU, memori, penyimpanan data internal dan bahkan baterainya. Kalau banyak aplikasi lain yang masih berjalan saat lo main game, kinerja dari perangkat yang lo pakai bakal jadi sangat berat. Akibatnya, game yang lo mainin bisa mengalami lag karena sinyal juga sedang digunakan oleh aplikasi lain. Makanya, sebelum main game, sebaiknya pastikan dulu bahwa aplikasi-aplikasi lain udah ditutup.

4. Matikan Fitur Auto-update

Via Istimewa

Smartphone memiliki fitur bagus seperti fitur auto-update dan background refresh. Fitur ini sebenarnya sangat berguna untuk ngebantu notifikasi dari aplikasi enggak tertunda. Akan tetapi, jika lo sering ngalamin gangguan koneksi ketika lagi main, enggak ada salahnya, kok, buat coba matiin fitur ini. Bisa jadi ada terlalu banyak aplikasi yang menggunakan auto-update dan juga background refresh di smartphone lo yang bikin jaringan menjadi terhambat.

5. Main di Emulator PC

Via Istimewa

Ini adalah cara terakhir ketika lo udah cobain segala cara namun masih tetap lag. Kalau lo punya perangkat PC atau pun laptop, enggak ada salahnya buat cobain main game Android lewat emulator Android. Banyak banget, kok, pihak yang nyediain emulator gratisan yang bisa dipasang di perangkat komputer. Tentunya, jangan lupa pastiin PC atau laptop tersebut tersambung dengan kabel LAN yang terhubung ke jaringan. Penggunaan internet kabel akan membuat jaringan jauh lebih stabil dibanding dengan jaringan internet tanpa kabel. Potensi lag jaringannya pun bakal berkurang drastis.

***

Nah, itu dia lima kiat buat ngakalin jaringan internet yang sering lag ketika lo main game online khusus mobile, terutama MOBA. Tentu cara-cara tersebut banyak dipengaruhi faktor-faktor lain seperti dari penyedia layanan internet. Main game mobile memang lebih asyik tanpa gangguan jaringan!