10 Manga Olahraga Paling Populer Sepanjang Masa

Manga bertema olahraga (sport manga) sejak dulu enggak pernah kalah populer dari manga cinta-cintaan alias serial cantik. Kayaknya, hampir semua jenis olahraga udah pernah dibuat versi manga. Mulai dari yang populer kayak sepak bola sampai olahraga tradisional Jepang kayak catur igo dan karuta, semua pernah diangkat dalam manga.

Dari semua manga olahraga yang ada, beberapa di antaranya bahkan masih jadi yang paling laku sepanjang masa! Wah, keren juga, ya! Nah, mau tahu manga olahraga apa aja yang paling populer sepanjang sejarah dunia komik? Simak, yuk!

 

10. Chihayafuru

Via Istimewa

Terbit pada 2006 sampai 2011, manga ini telah terjual sebanyak lebih dari enam juta kopi. Manga karangan Yuki Suetsugu ini bercerita tentang permainan kartu tradisional Jepang yang jarang banget kita dengar, yaitu karuta. Manga ini mengisahkan Chihaya Ayase, seorang murid SMA pemain karuta. Dari pertemanannya dengan Arata Wiyata—pemain karuta profesional—Chihaya termotivasi dan berhasil memunculkan bakat terpendamnya di karuta.

Karena yang diangkat adalah olahraga tradisional Jepang, manga ini berhasil menarik perhatian cukup banyak orang di seluruh dunia. Bahkan, pada 2016, Chihayafuru diadaptasi jadi film live action dua bagian. Sementara itu, bagian ketiga sekaligus final direncanain rilis pada 2018.

 

9. Ace of Diamond

Kelanjutan manga tentang baseball ini masih bikin penasaran sampai artikel ini dimuat. Meski belum tamat, angka penjualannya pada 2012—2013 aja sampai dua juta kopi. Manga karya Yuji Terajima ini pertama kali terbit 2006 lalu. Manga ini menceritakan kisah Eijun Sawamura, seorang pitcher yang punya kemampuan memanipulasi arah bola yang dia lempar. Keren banget, deh! Apalagi, lawan-lawan Sawamura juga punya kemampuan yang enggak kalah kerennya. Menurut Viki, manga ini cocok banget buat semua kalangan, termasuk yang bukan pencinta baseball. Soalnya, banyak nilai lain yang bisa kita pelajari dari manga ini.

 

8. Real

Karya dari mangaka legendaris Takehiko Inoue ini mengangkat tema olahraga basket. Menariknya, kisah yang diangkat adalah olahraga basket buat penyandang disabilitas. Ya, para pemain basket di Real ini memang bermain basket di atas kursi roda. Melalui manga ini, Inoue mau menyampaikan bahwa penyandang disabilitas juga bisa main basket. Tentunya, hal itu jadi motivasi tersendiri buat semua orang, tak terkecuali para penyandang disabilitas lainnya.

Komik dengan tema serius ini telah terjual sebanyak 14 juta kopi sejak rilis pada 1999 lalu sampai sekarang. FYI, angka tersebut baru penjualan di Jepang aja, loh. Kalau dihitung dari penjualan di seluruh dunia, kira-kira berapa, ya?

 

7. Eyeshield 21

Terbit dari 2002—2009, manga karya Riichiro Inagaki dan Yusuke Murata ini telah terjual lebih dari 20 juta kopi. Selain itu, manga ini juga udah bikin American football jadi populer di Jepang, loh. Manga yang terbagi dalam 37 jilid ini bercerita tentang Seno Kobayakawa, seorang murid SMA yang sebenarnya lemah tapi punya kemampuan lari yang luar biasa.

Sebenarnya, Kobayakawa adalah sekretaris buat tim American football di sekolahnya. Akan tetapi, karena kemampuan lari yang menakjubkan, dia pun dipaksa buat bergabung dalam tim sebagai pemain bernomor punggung 21. Buat menutupi identitasnya, Kobayakawa mengenakan penutup mata. Oleh karena itulah, dia dikenal sebagai “Eyeeshield 21”. Kisahnya yang unik bikin manga ini jadi favorit banyak orang, khususnya d Jepang.

 

6. Rokudenashi Blues

Manga sebanyak 42 jilid karya Masnori Morita ini mengisahkan Taison Maeda, seorang murid SMA yang ingin menjadi petinju terkuat di usianya. Manga ini sarat dengan pertarungan (ya, iyalah), kerja keras, dan persahabatan. Berkat ceritanya yang seru, manga ini berhasil terjual sebanyak 43 juta kopi. Mungkin karena nama karakternya mirip petinju terkenal kali, ya?

 

5. The Prince of Tennis

Via Istimewa

Manga ini bercerita tentang Ryoma Echizen, seorang murid kelas 1 SMP yang kemampuan bermain tenisnya udah setara pemain profesional. Meski jagonya kebangetan, Ryoma enggak pernah sombong dan tetap bermimpi membawa sekolahnya jadi juara nasional. Pada 2006, 40 jilid manganya udah telah terjual sebanyak 40 juta kopi dan dilanjutkan dengan manga The New Prince of Tennis. Persaingan sengit di kompetisi tenis nasional bikin manga ini asyik banget buat diikutin.

 

4. Haikyuu!!

Pertama kali dirilis pada 2012 melalui kumpulan manga Shonen Jump, manga ini langsung menarik perhatian para penggemar komik di Jepang. Pada 2014, akhirnya Haikyuu!! mempunyai seri sendiri dan langsung terjual sebanyak 14 juta kopi sampai saat ini. Manga tentang olahraga voli ini memang asyik abis karena sang protagonis, Hinata Shoyo, adalah seorang murid kelas 1 SMA yang suka banget voli tapi badannya pendek.

Udah begitu, dia mau jadi penyerang karena hobinya nge-spike. Padahal, pemain voli biasanya punya badan yang tinggi banget. Meski begitu, Hinata enggak pernah ngerasa rendah diri, apalagi setelah nemuin pasangan tanding yang tepat yang merupakan setter jenius, Tobio Kageyama. Hasilnya, perjalanan mereka di tim SMA Karasuno jadi seru banget buat diikutin.

 

3. Captain Tsubasa

Generasi 1990-an pasti tahu banget anime sepak bola ini yang dulu ditayangin di salah satu stasiun TV lokal. Ternyata, kepopuleran animenya juga didukung kepopuleran manganya, loh. Captain Tsubasa terbit dalam 37 jilid selama 1981—1988 dan sampai sekarang komiknya udah berhasil terjual sampai 70 juta kopi. Banyak, ya! Biarpun agak lebay dengan banyak jurus-jurus yang enggak masuk akal di dalamnya, manga ini sangat sarat akan persahabatan dan perjuangan.

 

2. Kuroko no Basuke

Kayaknya olahraga basket begitu disukai orang-orang Jepang. Buktinya, di nomor 2, Viki punya Kuroko no Basuke yang mengisahkan seorang murid SMA bernama Kuroko Tetsuya. Kuroko punya kemampuan unik, yaitu hawa keberadaannya sering kali enggak bisa dirasain sama orang-orang di sekitarnya. Dia udah kayak bayangan. Biarpun enggak bisa ngelempar bola, dia sangat jago ngoper bola, loh. Kemampuan ini bikin dia disegani sama lawan, bahkan kawannya.

Karena kisahnya tentang para jenius dalam olahraga basket yang ganteng-ganteng, manga ini langsung terjual sampai 27 juta kopi dari awal rilis 2009 sampai 2012. Bayangin, rata-rata penjualannya berarti sembilan juta kopi per tahun. Sugoi!

 

1. Slam Dunk

Takehiko Inoue kayaknya suka banget sama olahraga basket. Sebelum Real, dia juga punya Slam Dunk yang jauh lebih populer dibanding kisah terbarunya itu. Berkisah tentang "Si Rambut Merah", Hanamichi Sakuragi, yang sesumbar bahwa dia adalah si jenius dalam olahraga basket, manga ini sarat nilai-nilai kemanusiaan.

Manga ini ngajarin tentang pentingnya kerja sama tim di atas kemampuan individu. Bahkan, manga ini telah menginspirasi kelompok ekstralurikuler basket di SMP dan SMA Jepang, loh! Makanya, enggak mengherankan kalau manga yang terbagi jadi 31 jilid ini udah terjual sampai lebih dari 120 juta kopi sejak pertama kali rilis pada 1990. Bahkan, Slam Dunk juga udah dinobatin sebagai manga nomor 1 di Jepang sepanjang masa! Lo juga pasti dulu sering ngikutin animenya yang sempat ditayangin di salah satu saluran TV swasta di Indonesia, 'kan?

***

Nah, di antara 10 manga bertema olahraga yang udah Viki sebutin, mana yang jadi koleksi lo? Atau, lo punya manga favorit lain yang juga ngangkat olahraga?

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.