Sinopsis Penyalin Cahaya, Film Panjang Pertama Wregas Bhanuteja

Melalui film Penyalin Cahaya atau The Photocopier, Wregas Bhanuteja menjadi salah satu sosok sutradara muda yang produktif meski di masa pandemi yang penuh keterbatasan. Setelah proses penulisan skenario yang panjang, akhirnya di awal 2021, Wregas melaksanakan syuting film panjang pertamanya ini bersama Rekata Studio dan Kaninga Pictures dengan tetap menjalankan protokol kesehatan

Sinopsis film Penyalin Cahaya bercerita tentang Sur. Usai swafotonya dalam keadaan mabuk beredar, Sur harus kehilangan beasiswanya karena dianggap mencemarkan nama baik fakultas. Sur tidak mengingat apapun yang terjadi padanya tadi malam.

Ini adalah kali pertama Sur datang ke pesta kemenangan teater kampusnya, dan mendapati dirinya tidak sadarkan diri. Sur meminta bantuan Amin, teman masa kecilnya, seorang tukang fotokopi yang tinggal dan bekerja di kampus, untuk mencari tahu apa yang sesungguhnya terjadi pada dirinya di malam pesta.

Mengetahui sinopsis film ini, tentu memberikan rasa penasaran pencinta film Indonesia. Terlebih, beberapa karya film pendek Wregas juga cukup digemari. Salah satunya Lemantun (2014), yang bisa kamu saksikan gratis di YouTube.

Lalu, ada film Prenjak (2016) yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Prenjak berhasil bersinar sebagai pemenang di berbagai festival film dunia pada 2016, seperti Cannes Film Festival, Melbourne International Film Festival, dan Singapore International Film Festival.

Prenjak merupakan film pendek Wregas Bhanuteja sebelum film Penyalin Cahaya
Prenjak merupakan film pendek Wregas Bhanuteja sebelum film Penyalin Cahaya Via istimewa.

Kemudian, karya film pendek terbarunya adalah Tak Ada yang Gila di Kota Ini atau No One is Crazy in This Town (2019). Film pendek tersebut melangsungkan premier untuk wilayah Amerika Utara di Sundance Film Festival 2020. Film produksi Rekata Studio ini juga turut berkompetisi dalam ajang yang sama untuk program Short Film yang menyaring 10.397 film dari seluruh dunia.

Dalam waktu dekat, film Penyalin Cahaya akan mengumumkan para pemainnya. KINCIR menduga jika pemainnya antara lain Jerome Kurnia, Lutesha, Shenina Cinnamon, Chicco Kurniawan, Giulio Parengkuan, dan Dea Panendra. Pasalnya, sempat beredar foto-foto kebersamaannya bersama sang sutradara pada akhir 2020.

Buat kamu penggemar film-flm Wregas, apa pendapatmu tentang film ini? Bagikan di kolom komentar dan ikuti berita terbaru hanya di KINCIR. 

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.