Bicara Esports dan Pemanfaatan Data di ILOC 2019

Dalam sebuah organisasi modern, pengambilan keputusan berdasarkan data adalah sebuah keniscayaan. Begitu pun dengan dunia esports yang kerap bergantung dengan data.

Pada realitanya tidak semua penggiat dunia esports professional di Indonesia benar-benar mampu memanfaatkan data. Banyak pula yang hanya memanfaatkan data sekadar untuk mendapatkan keterukuran tanpa informasi yang berguna.

Dengan kata lain, masih banyak yang bingung bagaimana seharusnya memperlakukan data. Atas situasi itulah Lokadata dan Beritagar.id, bekerja sama dengan Kantor Staf Kepresidenan (KSP) menggelar Indonesia Lokadata Conference (ILOC) 2019 di Jakarta, 28 Agustus mendatang.

CEO Lokadata Herman Kwok menilai, kegagapan memanfaatkan data secara maksimal ini tidak sepantasnya masih terjadi karena saat ini teknologi informasi sudah sangat maju.

“Dengan teknologi informasi mutakhir seperti kecerdasan buatan berbasis komputer, pengumpulan dan pengolahan data menjadi semakin mudah. Bahkan untuk data skala besar sekalipun. Sayang sekali kalau saat ini kita masih tergagap-gagap memanfaatkannya,” ujar Herman di Jakarta, Sabtu (26/7).

Dalam acara ini, akan hadir Giring Ganesha selaku Presiden Indonesia Esports Premiere League (IESPL). Dalam panelnya, Giring akan menceritakan pengalamannya sebagai pemerhati esports. 

"Esports dan data itu dua hal yang sangat berkaitan. IESPL juga awalnya mengambil keputusan berangkat dari data yang ada. Untuk itulah menurut saya pemanfaatan data sangatlah penting di dunia esports," ujar Giring kepada KINCIR.

Karena berfokus pada pemanfaatan data untuk mengambil keputusan/kebijakan, ILOC 2019 bukanlah konferensi yang ditujukan khusus untuk para ahli data saja. 

ILOC lebih banyak berbicara mengenai bagaimana para pengambil kebijakan bekerja berdasarkan data. Karena itu, sebagian besar pembicara yang dijadwalkan hadir adalah para eksekutif perusahaan, entrepreneur, kepala lembaga pemerintahan, hingga kepala daerah.

Selain Giring, akan hadir juga Presiden Joko Widodo yang akan membuka acara ILOC 2019. Sementara keynote speaker yang dijadwalkan hadir di antaranya Kepala Staf Kepresidenan Jend. TNI (Purn) Dr. Moeldoko, Menko Bidang Perekonomian Dr. H. Darmin Nasution, dan President Director Djarum Foundation Victor R. Hartono.

Pembicara lain yang juga diagendakan hadir di antaranya CEO Dana Vincent Henry Iswaratioso; Founder dan CEO Qlue Rama Raditya; CMO Link Aja Edward Kilian Suwignyo; Vice President Director PT BCA Armand W. Hartono; Privacy & Public Policy Manager Facebook Asia Pacific Arianne Jimenez; CDO OVO Vira Shanty; dan Executive Director Irama Nusantara David Tarigan.

Kalau kalian merasa tertarik dengan pengolahan data, yuk datang ke ILOC 2019. Tungguin terus informasi soal esports lainnya hanya di KINCIR!

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.