5 Fakta yang Wajib Kalian Ketahui dari CBT Ragnarok Frontier

Pada 20 Maret lalu, Ragnarok Frontier telah memasuk tahap closed-beta. Setelah mundur selama satu hari, game yang dikembangkan oleh Gravity tersebut siap diperkenalkan ke publik—khususnya komunitas Ragnarok di Indonesia. Mengusung konsep MMORPG, para pemain dijanjikan petualangan yang berbeda melalui game cross-platform tersebut.

Dalam tulisan ini, KINCIR akan menjelaskan fakta-fakta dari CBT Ragnarok Frontier yang akan disusun berdasarkan sistem permainan, fitur, dan mekanisme permainan. Dengan mengusung nama besar Ragnarok, apakah game ini dapat menjadi pilihan yang layak ditunggu perilisannya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, langsung saja simak pembahasannya berikut ini, ya!

Hilangnya Sistem Pertarungan

Via istimewa

Game MMORPG mobile biasanya memiliki sistem pertarungan yang menantang. Sistem pertarungan tersebut biasanya dilengkapi dengan penggunaan skill, kombinasi serangan, ataupun mekanisme dodge. Setiap unsur tersebut umumnya memberikan kebebasan bagi pemain untuk bertarung dengan gaya pertarungan dan taktik pertarungan yang beragam. Sayangnya, seluruh hal tersebut hilang di Ragnarok Frontier.

Para pemain tidak disediakan sistem pertarungan di dalam permainan. Seluruh pertarungan melawan musuh (PvE ataupun PvP) dilakukan secara otomatis. Alih-alih menjadikan auto-battle sebagai alternatif pertarungan, Ragnarok Frontier malah menjadikan auto-battle sebagai satu-satunya pilihan.

Pemain hanya dapat melakukan urutan skill dan memilih tempat grinding yang diinginkan. Keterbatasan akan kebebasan bertarung menjadi persoalan yang cukup serius. Sebab, para pemain enggak akan dapat merasakan pengalaman pertarungan selayaknya MMORPG lain.

Penggunaan Sistem CP

Via istimewa

Sistem combat power (CP) biasa digunakan untuk merangkum seluruh kekuatan karakter yang dimainkan. Di dalam CP, kekuatan karakter akan dikalkulasikan dalam bentuk angka. Parameter yang terhimpun di dalam combat power terdiri atas equipment, level karakter, tingkat enhancement, sampai alokasi status karakter. Dengan bantuan CP, para pemain dapat melihat progresi kekuatan karakter dengan cukup terukur.

Seperti dua mata pisau, sistem CP dapat membantu sekaligus mengganggu. Sistem CP dapat membantu untuk melihat kekuatan dan potensi karakter dengan sangat mudah. Sayangnya, kekuatan tersebut kadang bersifat kualitatif, bukan kuantitatif.

Dalam Ragnarok, unsur kualitatif terletak pada atribut lanjutan, seperti flee, crit chance, sampai penetration. Atribut yang bersifat kualitatif tersebut tidak dapat dipukul sama rata untuk setiap karakter.

Pasalnya, setiap kelas akan membutuhkan atribut yang berbeda-beda, seperti Assassin yang akan membutuhkan flee dibanding defense, dan Knight yang akan membutuhkan defense dibanding flee. Berkaca pada kondisi tersebut, sistem CP sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan dalam Ragnarok Frontier.

Memainkan Lebih dari Satu Karakter Sekaligus

Via istimewa

Dalam Ragnarok Frontier, para pemain dapat memainkan lebih dari satu karakter dalam waktu yang bersamaan. Seluruh karakter tersebut akan hunt sampai quest secara bersamaan. Sistem tersebut terhitung baru dan cukup segar. Para pemain diharuskan mampu menyusun komposisi karakter yang tepat untuk menunjang kekuatan pertarungan.

Dalam memainkan banyak karakter, para pemain akan disajikan dengan kompleksitas permainan yang cukup menantang. Apalagi, para pemain nantinya juga harus berkompetisi (dalam Arena PvP) untuk melawan komposisi karakter dari pemain lain. Sebagai suatu hal yang segar, sistem tersebut diprediksi dapat mendorong daya kreativitas para pemain dalam eksperimentasi karakter demi mencari komposisi yang cocok.

MMORPG dengan Sistem Semi-Idle

Via istimewa

Konsep idle memang sudah sangat lumrah dalam game mobile. Kelahiran konsep idle memang dibilang sangat membantu para pemain yang tidak memiliki cukup banyak waktu dalam bermain. Namun, bagaimana jika konsep idle diterapkan dalam game MMORPG?

Konsep idle di dalam Ragnarok Frontier terletak pada mekanisme Crystal Exp. Sistem ini berfungsi untuk menampung seluruh experience yang didapatkan. Selama bertarung, experience tidak langsung dialokasikan ke karakter pemain. Dengan menampung experience, para pemain nantinya dapat memilih karakter mana yang lebih dulu dinaikkan levelnya.

Experience yang didapatkan Crystal Exp akan terus berjalan walaupun pemain keluar dari permainan. Setiap login kembali, para pemain akan mendapatkan pemberitahuan tentang jumlah experience yang telah terkumpul di Crystal Exp.

Sistem tersebut membuat leveling dan grinding terasa sangat enggak berharga. Terkesan tidak rewarding, setiap level yang didapatkan hanya berlalu begitu saja. Para pemain dirasa akan sangat sulit untuk menghargai tiap capaian level yang berhasil diraih.

Adanya Sistem VIP

Via istimewa

Sistem VIP menjadi lonceng penanda adanya konsep pay to win di Ragnarok Frontier. Sebagai suatu momok, sistem VIP akan sangat merugikan bagi para free to play. Dengan segudang keuntungan, para pemain yang mengeluarkan uang tentu akan mendapatkan persenjataan yang jauh leih kuat. Belum lagi, sistem VIP tersebut juga akan terikat dengan raihan CP pemain.

Sistem VIP di dalam Ragnarok Frontier akan bertingkat. Tentu saja, semakin besar tingkat VIP, maka akan semakin menguntungkan pula bagi pemain. Keuntungan tersebut meliputi batas fitur harian (Training Ground, Poring Island, sampai Arena) ataupun hadiah langsung (card, material enhance, dan Token MVP).

Sistem VIP tersebut akan berlaku dalam jangka waktu 30 hari (VIP biasa) ataupun 6 bulan (Supreme VIP). Dengan keuntungan yang berlipat ganda setiap harinya, sistem VIP tersebut akan memperbesar gap kekuatan karakter free player dengan pay player.

***

Berbeda dari MMORPG mobile pada umumnya, Ragnarok Frontier coba merangkum banyak fitur permainan dari waralaba Ragnarok ke dalam satu game. Perangkuman tersebut berdampak pada esensi permainan MMORPG—petualangan, kebebasan, dan progresi karakter yang sangat menarik untuk diikuti.

Alih-alih mendapatkan pengalaman bermain yang menggairahkan, para pemain justru akan mendapatkan pengalaman bermain yang sangat monoton dalam Ragnarok Frontier. Tentunya, kita harap Gravity mampu menghadirkan perbaikan pada gameplay agar game ini bisa menggoda penggemar setia Ragnarok lebih dalam lagi.

Bagaimana menurut kalian dengan kesan pertama dalam bermain Ragnarok Frontier? Silahkan tulis pengalaman kalian di kolom komentar. Serta, ikuti terus informasi terkini mengenai game di KINCIR, ya!

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.